Wisata dan Hotel di Bromo

bromo view

Bromo merupakan pegunungan yang terletak di wilayah Jawa Timur. Banyak wisatawan yang berkunjung ke gunung ini karena ingin melihat keindahan Bromo dan keindahan alam di sekitarnya. Meskipun tidak bisa dibilang sangat dekat dari Sidoarjo, wisata Bromo selalu menjadi daya tarik utama bagi wistawan yang melewati kota Sidoarjo.

Selain itu, banyaknya tempat wisata di sekitar Bromo juga menjadi faktor lain mengapa wisatawan banyak berkunjung ke gunung aktif ini.

Ada beberapa tempat wisata di sekitar Bromo yang bisa dikunjungi. Adapun spot yang selalu masuk dalam paket tour Bromo antara lain  Penanjakan 1, Penanjakan 2, Padang Rumput Savana, Bukit Mentigen, Bukit Teletubbies, Air Terjun Madakaripura, dan Pasir berbisik.

Penanjakan 1 adalah sebuah dataran paling tinggi di wilayah Bromo. Tempat ini merupakan tempat favorit wisatawan untuk melihat pemandangan matahari terbit. Maka tidak mengherankan, jika tempat ini sering dinamai atau dijuluki dengan sebutan view point sunrise.

bromo savanna

Jika wisatawan hendak berkunjung ke tempat ini, maka wisatawan mesti menaikai jeep atau hartop karena jalan menuju tempat ini tergolong curam dan berbentuk tikungan tajam. Jika tidak ingin menyewa salah satu dari kendaraan tersebut, wisatawan bisa menggunakan sepeda motor bebek untuk mencapai Penanjakan 1. Selain itu, wisatawan juga disarankan agar datang ke Penanjakan 1 pada pukul 3 pagi agar wisatawan tidak terlambat untuk melihat pemandangan matahari saat terbit.

Seperti halnya Penanjakan 1, Penanjakan 2 juga merupakan tempat favorit lain untuk melihat pemandangan matahari terbit. Tempat yang mempunyai nama lain View Point Seruni jauh mudah untuk dikunjungi wisatawan karena akses jalannya tidak berbentuk tikungan tajam dan curam.

Dengan demikian, wisatawan bisa mengunjungi tempat ini hanya dengan menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Jika hendak mengunjungi tempat ini, wisatawan disarankan untuk mengunjunginya saat musim hujan. Sebab, pada saat musim hujan, pemandangan matahari terbit di tempat ini akan sangat indah untuk disaksikan.

Tempat wisata selanjutnya yang patut untuk dkunjungi adalah Padang Rumput Savana. Padang rumput yang ada di sebelah timur gunung Bromo ini menampilkan pemandangan rerumputan hijau di tengah tebing-tebing tinggi yang indah untuk disimak. Untuk bisa menikmati padang rumput yang luas dan sejuk ini, wisatawan melalui lautan pasir yang gersang dan panas.

Selain di Penanjakan 1 dan 2, ada satu tempat lain yang bisa dijadikan tempat untuk memandangi matahari kala terbit. Adapun tempat tersebut adalah Bukit Mentigen. Bukit yang letaknya di sebelah timur Lava Vew Lodge Hotel ini bentuknya tidak terlalu tinggi, sehingga bisa dinaiki dengan mudah oleh wisatawan.

Selain itu, akses menuju bukit ini pun sangat mudah karena wisatawan hanya butuh berjalan kaki atau mengendarai kendaraan pribadi saja. Meskipun bukit ini tidak setinggi Penanjakan 1, namun pemandangan matahari terbit yang terlihat di sini tak kalah indah dengan Penanjakan 1 bahkan Penanjakan 2.

lautan pasir

Selain Bukit Mentigen, ada satu bukit lagi yang wajib dikunjungi wisatawan, yaitu Bukit Teletubbies. Dinamai demikian karena bentuk bukit ini sangatlah mirip dengan bukit-bukit yang ada di serial Teletubbies. Pemandangan bukit ini sangat indah karena di setiap sudut-sudut bukit ditumbuhi banyak rerumputan khas bukit tersebut. Selain itu, tinggi bukit ini tidaklah terlalu tinggi, sehingga pengunjung pun bisa menaiki bukit ini.

Selain bukit, ternyata Gunung Bromo juga mempunyai sebuah air terjun. Adapun air terjun yang dimaksud adalah Air Terjun Madakaripura. Air terjun yang terletak di kaki Gunung Bromo ini mempunyai tinggi sekitar 200 meter dan mempunyai panorama yang indah untuk dilihat. Banyak paket wisata Bromo yang juga memasukkan destinasi yang satu ini.

Tempat wisata terakhr di Bromo yang bisa dikunjungi wisatawan adalah Pasir Berbisik. Padang pasir ini berada di dekat Padang Rumput Savana Gunung Bromo. Padang pasir ini menjadi salah satu padang pasir yang dimiliki Gunung Bromo dan membuat Gunung Bromo menjadi satu-satunya gunung merapi yang mempunyai padang pasir.

Adapun latar belakang dibalik nama Pasir Berbisik sendiri adalah karena di padang pasir ini, wisatawan bisa mendengar suara seperti bisikan manusia saat telinga wisatawan didekatkan ke hamparan pasir di padang pasir ini.

Tak hanya mendengarkan suara bisikan pasir dan tentunya menyaksikan pemandangan lautan pasir, wisatawan juga bisa melihat pemandangan lereng-lereng kalendra yang ada di Pasir Berbisik. Lereng-lereng kalendra tersebut merupakan area yang membatasi wilayah Pasir Berbisik dengan wilayah hutan di Gunung Bromo.

Jika wisatawan hendak mengunjungi tempat-tempat tersebut dalam waktu lebih dari 1 hari, maka wisatawan disarankan memilih hotel di Bromo yang dekat dengan tempat-tempat wisata sekitar Bromo tersebut. Adapun beberapa hotel tersebut antara lain Lava View Lodge, Bromo Permai 1, dan SM Bromo Hotel.

Lava View Lodge merupakan sebuah penginapan yang terletak di desa Cemorolawang, Jawa Timur. Hotel ini letaknya berdekatan dengan salah satu tempat wisata di Bromo, yaitu Bukit Mentigen. selain bisa mengunjungi Bukit Mentigen, di hotel ini wisatawan juga bisa memandangi panorama Kawah Gunung Bromo, Gunung Batok, dan Gunung Kursi dari balkon hotel ini.

Pada hari-hari tertentu, penginapan ini juga tak jarang menampilkan hiburan berupa pertunjukan musik bergenre cuntry classic. Hotel ini juga menyediakan beberapa fasilitas lain yang dapat memanjakan wisatawan, seperti air panas, restoran dengan berbagai macam menu lokal dan Barat, serta akses internet Wi-Fi yang tersedia di lobi hotel dan restoran hotel.

Rekomendasi hotel selanjutnya yang dapat dijadikan tempat menginap adalah hotel Bromo Permai 1. Hotel berbintang 3 ini letaknya persis beberapa meter di depan kawah Gunung Bromo. Udara di sekitar hotel ini terbilang sejuk dan lingkungannya pun juga asri. Hotel yang ada di Desa Ngadisari ini didesain sedemikian rupa sehingga hotel ini terkesan dengan suasana alam di Gunung Bromo.

Beberapa fasilitas yang tersaji di Bromo Permai 1 antara lain restoran, tempat laundry, serta jasa dokter panggilan. Selain itu, wisatawan yang menginap di hotel ini juga akan diberi fasilitas lain berupa sarapan, makan siang dan juga makan malam yang sudah disediakan oleh pihak staf hotel Bromo Permai 1.

Rekomendasi hotel terakhir yang dapat dijadikan tempat menginap di Bromo adalah SM Bromo Hotel. Tempat penginapan yang baru beropraasi pada 2014 ini letaknya persis di lereng kawasan wisata Gunung Bromo, atau tepatnya di desa Ngadas kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Hotel ini didesain dengan gaya arsitektur modern minimalis dan mempunyai sejumlah fasilitas. Salah satu fasilitas andalan hotel ini adalah restorannya yang mempunyai pelayanan yang sangat anggun dalam menyambut tamu-tamunya, sehingga para tamu pun akan merasa nyaman saat pertama kali datang ke restoran tersebut.

Selain mempunyai fasilitas yang mumpuni, di hotel ini wisatawan juga  menikmati pemandangan lereng Gunung Bromo dari balkon hotel. Karena letaknya dengan dengan kawasan wisata Gunung Bromo, wisatawan pun bisa jauh lebih mudah dan dekat untuk mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada di sekitar Gunung Bromo.

Related posts

Leave a Comment